Kamis, 06 Maret 2014

KAPERNAUM

Kapernaun, Banyak Mujizat tapi di Turunkan


Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.  Mat 11:23
Kapernaun adalah sebuah kota yang menjadi tempat transitnya Yesus karena di Kapernaum adalah tempat tinggalnya Petrus yang dipakai sebagai markas. Kemanapun Yesus pergi melayani nantinya akan kembali ke Kapernaun. Di kapernaun juga adanya tempat militer(mat 8:5), ingat sewaktu seorang kepala perwira meminta agar Yesus mengucapkan sepatah kata untuk menyembuhkan anaknya. Dikapernaum juga dalam hal keagamaan Yahudi cukup terkemuka, ingat sewaktu Yesus menyembuhkan orang di hari sabat sehingga terjadi perselisihan denganahli taurat. Bahkan Yesus mnyembuhkan orang kerasukan setan di rumah ibadat kapernaum  (mar 1:21), Yesus membuat istilah bahwa kapernaum adalah kotanya sendiri (mat 9:1). Danau Galilea berdampingan dengan Kapernaum, sehingga terkadang Yesus melayani kota2 lain hanya dengan menyeberang dari Danau galilea. Dan kalau kota2 lain tidak bertemu Yesus di sekitar Galilea maka mereka akan mencari ke kapernaum  (yoh 6:26). Yesus juga menyembuhkan orang yang sakit lumpuh yang di masukan memalui atap rumah karena terlalu banyak orang dalam rumah. Dan Yesus juga sering mengajar  di rumah ibadat di Kapernaun (mar 2:1, luk 4:31, luk 7:1,  yoh 6:59).
Namun ironisnya, meskipun Yesus tinggal di Kapernaum, melakukan banyak mujizat di Kapernaum dan banyak mengajar di kapernaum namun Yesus mencela kota Kapernaum
Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.  “ Mat 11:23. Mengapa demikian? Karena penduduk Kapernaun terlalu tinggi akan tingkat keagamaan dunia nya dengan banyaknya tempat ibadah dan ahli2 taurat. Dan kapernaun merupakankota ekonomi yang strategis dalam perdagangan dan perikanan. Kapernaum merupakan daerah orang2 kaya di jamannya. Tingkat duniawi di Kapernaum cukup tinggi sehingga penduduknya sulit untuk percaya kepada Yesus. Justru lebih banyak orang yang dari luar Kapernaum lah yang mencari Yesus.
Banyak orang yang hidupnya sudah Kristen dari sejak lahir, orang tua nya kaya dan juga majelis gereja, bahkan sering ikut dalam persekutuan namun mujizat jarang terjadi dalam dirinya. Segala seuatu dapat di raih dengan mudah baik dalam kerohanian dan keduniawian namun tidak memiliki rasa haus akan hadirat Tuhan. Hidup hanya sebagai agamawi saja. Berhati-hatilah jika kau sudah merasa puas dengan apa yang kau miliki dan dapatkan. Engkau hanya dapat melihat mujizat terjadi di sekelilingmu tapi kau sendiri tidak mengalaminya. Engkau hanya di puaskan telingamu oleh hotbah2 hamba Tuhan terkenal namun tidak ada perubahan dalam dirimu. Engkau hanya pandai berkata2 dalam ayat alkitab namun Firman itu tidak menjadi rhema dalam dirimu. Tuhan ada dalam dirimu tapi logika lah yang kamu turuti perintahnya. Sama hal nya Yesus ada di Kapernaum namun Penduduk Kapernaum sendiri tidak bertumbuh.

Sadarilah bahwa dirimu telah menjauh dari Tuhan, berlutut dan rendahkan dirimu di hadapan Tuhan, menangislah memohon agar Tuhan mengubah hatimu yang bebal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar