Kamis, 13 Maret 2014

HIKMAT DUNIA

Hikmat Dunia Penyebab Bencana

                             Bacaan Alkitab hari ini: 1 Raja-raja 12

Sikap Raja Rehabeam dan sikap Raja Yerobeam menunjukkan ciri-ciri dari hikmat dunia ini. Saat menjadi raja, Raja Rehabeam mengabaikan nasihat yang bijaksana dari para tua-tua yang mendampingi Raja Salomo, tetapi mengikuti nasihat teman-teman sebayanya yang tidak berpengalaman dan yang bersikap congkak (12:6-14). Sikap Raja Rehabeam ini mengingatkan kita kepada perkataan Tuhan Yesus, “Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.” (Matius 20:25). Akibat dari sikap duniawi ini adalah bahwa Raja Yerobeam kehilangan sebagian besar wilayah kerajaannya.
Yerobeam seharusnya sadar bahwa dia dipilih Tuhan menjadi raja, bukan karena dia memiliki keunggulan, tetapi karena Allah hendak menghukum Raja Salomo yang mulai meninggalkan Allah (1 Raja-raja 11:29-33). Melalui Nabi Ahia, Allah berjanji bahwa Ia akan menyertai Yerobeam bila Yerobeam taat kepada-Nya. Sayangnya, setelah menjadi raja, Ye-robeam melupakan janji Allah itu dan mulai memakai hikmat duniawi untuk mempertahankan kekuasaannya, yaitu ia mencegah rakyat Israel pergi beribadah ke Yerusalem dengan membuat dua buah patung anak lembu emas dan meletakkan patung anak lembu emas itu di Betel—kota perbatasan di sebelah Selatan yang berbatasan dengan Kerajaan Yehuda—serta di Dan—kota perbatasan di sebelah Utara (12:26-29). Akibatnya, rakyat Israel Utara jatuh dalam penyembahan berhala.
1 Raja-raja 11:38
Dan jika engkau mendengarkan segala yang Kuperintahkan kepadamu dan hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan melakukan apa yang benar di mata-Ku dengan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintah-Ku seperti yang telah dilakukan oleh hamba-Ku Daud, maka Aku akan menyertai engkau dan Aku akan membangunkan bagimu suatu keluarga yang teguh seperti yang Kubangunkan bagi Daud, dan Aku akan memberikan orang Israel kepadamu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar