Selasa, 06 Mei 2014

NABI NUH DAN AIR BAH


Catatan : - Akan lebih baik bagi mereka yang berada di pesisir pantai atau dekat sungai besar, minggu gembiranya dilaksanakan di tempat
                   tersebut sehingga anak lebih mudah mengerti.
             
Tujuan  Umum :   Anak  memiliki   sikap  percaya  dan  taat  pada  Tuhan  dalam  hidup  sehari- hari

Tujuan  Khusus : Setelah  minggu  gembira  ini  anak diharapkan dapat:
1.      Menjawab  beberapa  pertanyaan dari  cerita  nabi  Nuh  dan  air  Bah.
2.      Menyebutkan  makluk ciptaan  Tuhan  yang  diselamatkan  oleh  nabi  Nuh
3.      Menjelaskan  mengapa  nabi  Nuh  diselamatkan

Sumber  Bahan
·         Kitab  Suci  Kej  7 : 1 -24
·         SPA Jilid  1
·         Kumpulan  Lagu  Bhakti  Luhur

Alat  Peraga; Gambar  bahtera  dan  Nabi  Nuh

Langkah-langkah

1.Perayaan :
a.       Lagu Pembukaan " Bapakku Nuh "
Bapakku Nuh punya kapal ( besar- besar- besar )
Di kapal banyak hewannya ( Banyak- banyak- banyak )
Di sini ada kambingnya ( embek- embek- embek )
di sana ada ayamnya ( petok- petok- petok )
    Sini bunyi ( petok )
    Sana bunyi ( embek )
    Sini bunyi - sana bunyi ( petok embek- petok embek )
b.      Doa  Pembukaan : Allah  Bapa   yang  penuh  kasih, kami  bersyukur   dan  berterima  kasih  kepadaMu  karena  hanya  Engkaulah  yang  maha  kasih  dan  Maha  cinta. Hari ini kami akan belajar untuk percaya dan taat kepada-Mu satu- sataunya Allah yang benar, seperti yang telah dilakukan oleh Nabi Nuh. Demi Kristus Tuhan kami yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin.
c.       Pembacaan Lilin  Kecil.

2. Penghayatan:
a.       Cerita                                 NABI  NUH
      
  Ada  seorang  Bapak bernama  Nabi  Nuh. Ia mempunyai 3 orang anak dan 3 orang menantu.Kehidupannya  selalu  sesuai  dengan  Firman  Tuhan. Ia adalah  orang yang paling setia kepada Tuhan, ketika banyak orang berpaling dari Tuhan.
Suatu hari, di musim panas, Allah  berfirman  kepada  Nuh " aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, karena mereka terlalu jahat. Buatlah  bahtera/ perahu besar bagimu disertai dengan dinding dan atap. Pada saatnya nanti, engkau, istrimu, anak-anakmu dan menantumu tinggal dalam bahtera yang telah engkau buat itu bersama dengan sepasang  dari setiap jenis binatang yang ada di bumi ini.
Nabi Nuh dan putera- uteranya mulai membuat  bahtera yang sangat besar , seperti  yang  difirmankan Tuhan kepadanya. Selain itu, mereka juga mengumpulkan persediaan makanan untuk bekal di kapal. Orang- orang tertawa dan mengolok-olok Nuh karena membuat kapal pada musim panas. Tetapi, Nuh tetap sabar dalam menghadapi semua yang terjadi.
      
           Pada saat yang telah ditentukan, nabi Nuh bersama keluarga dan bintang yang telah ditangkapnya masuk dalam bahtera.  Allah  sendiri  yang  menutup  pintu  dari   belakang. Lalu, Tuhan menurunkan hujan deras dari langit selama 40 hari 40 malam. Air bahpun datang dan semua makhluk hidup yang ada di bumi inipun tenggelam. Yang selamat hanyalah keluarga nabi Nuh dan makhluk hidup lain yang dibawanya.
       
          Setelah empat  puluh  hari,  hujan  berhenti    dan airpun  mulai  surut. Nabi  Nuh  mula-mula  mengeluarkan  burung  gagak, untuk mengetahui apakah air bah sudah sungguh- sungguh surut. Ternyata, burung  itu  segera  kembali  kepadanya.  Tak  lama  kemudian  Allah  berkata  kepada  Nabi  Nuh;" sekarang  engkau  dapat  keluar, Engkau  dan  mereka  semua  yang  diselamatkan  bersamamu." Mereka memulai hidup yang baru, hidup di dalam Tuhan. Dan, Tuhan berjanji tidak akan menurunkan air bah lagi.
b.      Pertanyaan  cerita
1.      Apa  judul  cerita  tadi ? ( Nabi  Nuh )
2.      Mengapa Tuhan menurunkan hujan selama 40 hari 40 malam ?
3.      Mengapa Tuhan menyelamatkan Nuh dan keluarganya ?
c.       Pendalaman

 Anak-anakkuayng terkasih, kita semua yang ada di dunia ini adalah keturunan nabi Nuh. Ia adalah orang yang sangat setia kepada Tuhan. Ia percaya bahwa apa yang dikatakan oleh Tuhan akan sungguh- sungguh terlaksana. Maka, dengan senang hati, walaupun diolok oleh orang banyak, Nuh tetap membuat perahu di musim panas. Pada akhirnya, Nuh dan keluarganya selamat dari air bah yang menimpa semua makhluk hidup d seluruh bumi.
   
         Bagaimana  dengan kita ? Apakah  kita juga seperti  Nabi  Nuh  yang  taat  dan  setia  kepada  perintah  Tuhan ?
Contoh perintah Tuhan yang diberikan kepada kita, adalah :
1.      Kuduskan hari Tuhan.
Apakah setiap minggu kita rajin ke gereja ? Hari minggu adalah hari untuk Tuhan, gunakan waktu hanya satu jam untuk bertemu dengan Tuhan bersama orang tua dan teman- teman di gereja.
2.      Menghormati orang tua

Apakah kita menghoramti orang tua ? Bagaimana kita menghormati mereka ?
o    Sayang terhadap orang tua
o    Mengikuti nasihat orang tua
o    Membantu orang tua di rumah
3.      Jangan Mencuri
Mencuri adalah mengambil barang orang lain, tidak minta ijin. Kalau kita melakukan hal ini berarti kita berbuat dosa.
4.      Jangan berbohong

Barangsiapa yang bohong berarti dia tidak disukai oleh Tuhan dan teman-teman.
    Nah  anak-anakku, Tuhan  akan  melindungi   siapa  saja  yang  hidupnya baik  dan  taat  kepada  Tuhan. Tuhan akan  menyelamatkan umat-Nya  dari  segala  mara  bahaya. Karena  itu  kita  berusaha  untuk  setia  dan  taat  kepada-Nya. Pada akhirnya  Nabi  Nuh  membuat  sebuah  altar  dan  mempersembahkan   korban   bakaran  kepada  Tuhan  sebagai  tanda  ucapan  syukur. Kita  sebagai  anak-anak  Tuhan  juga  diminta  untuk  selalu  bersyukur  kepada  Tuhan  melalui  doa baik  di rumah  ataupun  di gereja  serta  berusaha  untuk  berbuat  baik  terhadap  Tuhan  dan  sesama.
3.  Pengungkapan:
·         Pembina  mengajak  anak-anak  untuk  bermain  kapal  karam
          Langkah-langkah:
·         Pembina  menyediakan  alat  dari  tali  yang  sudah  di  buat  lingkaran atau dari koran atau lingkaran
·         Anak-anak  diajak  membentuk  lingkaran, kemudian  menyanyikan  salah  satu  lagu  sambil  berkeliling  ( lagu  berlayar   dengan  Yesus )  atau  bisa  pembina  mencari  lagu  yang  lain.
·         Pada  saat  menyanyi  apabila  mendengar  sebutan "kapal  karam " maka  anak  harus  lari  mencari  dan  masuk  dalam lingkaran tali yang sudah disiapkan.
·         Bagi  mereka  yang  tidak sempat masuk dalam lingkaran, diberi hukuman, karena tidak cepat mengikuti perintah. 
4. Kesaksian: Anak mensharingkan pengalaman saat bermain kapal karam.
5. Perwujudan :Anak  diminta  untuk:
    -    Setiap hari minggu ke gereja dan rajin berdoa
    -    mengikuti nasihat orang tua.
6. Pentup:
a.       Doa  Penutup: Tuhan  Yesus  yang  baik, terima kasih karena pada hari ini kami belajar bersama mengenai kesetiaan. Betapa indahnya apabila kami hidup setia, taat, jujur dihadapanMu. Kami mohon, sertailah kami dalam minggu ini, supaya kami dapat berjumpa kembali dengan teman- teman di hari minggu yang akan datang.
Bapa kami..............
Salam Maria 3 x
b.       
Lagu  penutup
    NABI  NUH  DAN  ISTRINYA
Nabi  Nuh  dan  istrinya, Tiga  anak  lakinya
Tiga  anak  mantunya. Masuk  dalam  bahtera.
    Reff  Hujan  lebat  turunlah, Hujan  lebat  turunlah
            Hujan  lebat  turunlah, Delapan  orang  slamat...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar