Sabtu, 19 April 2014

                                                          Kerajaan-Ku Bukan Dari Dunia


Bacaan Alkitab hari ini: Yohanes 18:28-38a
Percakapan Tuhan Yesus dengan Pilatus di gedung Pengadilan sangatlah menarik. Pilatus bertanya kepada Tuhan Yesus, “Engkau inikah raja orang Yahudi?” (18:33). Kemudian, ia menegaskan ulang pertanyaannya, “Jadi Engkau adalah raja?” (18:37).
 Pengharapan bangsa Israel akan munculnya seorang raja Israel menyiratkan kerinduan mereka untuk bebas dari belenggu penjajahan. Pengharapan Israel akan seorang raja bukanlah untuk pembebasan jiwa dari dosa. Pengharapan mereka merupakan suatu ironi (suatu yang seharusnya tidak terjadi): Di depan mereka telah hadir Yesus Kristus, yaitu Raja di atas segala raja, bahkan Raja atas alam semesta, tetapi Sang Raja malah diperhadapkan dengan sidang dunia ini. Kerajaan Yesus Kristus bukan dari dunia ini. Dia datang bukan untuk menjadi raja atas dunia ini. Namun, hati Pilatus, para imam, orang Farisi, dan rakyat Israel telah dibutakan oleh dosa sehingga mereka dikuasai oleh kebencian dan penolakan terhadap kebenaran. Yesus Kristus yang berdiri di depan Pilatus adalah kebenaran (Yohanes 14:6), namun Pilatus justru bertanya: “Apakah kebenaran itu?” (18:38a).

Kebutaan rohani dan kedegilan hati membuat banyak orang menolak kebenaran dan membenci Yesus Kristus “tanpa alasan”. Hanya orang yang berasal dari kebenaran yang mempercayai bahwa Yesus Kristus adalah Raja atas alam semesta yang telah lahir ke dunia bagi mereka yang mau mendengarkan dan percaya kepada-Nya. Yesus Kristus adalah Raja yang memerintah dalam pemerintahan yang kekal. Ingatlah bahwa Yesus Kristus datang ke dalam dunia untuk menyatakan kebenaran Allah. [FW]
Yohanes 18:37
“Maka kata Pilatus kepada-Nya: “Jadi Engkau adalah raja?” Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar