Minggu, 21 September 2014

“Menikmati Masa Muda Dalam Tuhan”





    “Menikmati Masa Muda Dalam Tuhan”
                           (Pengkhotbah:11:9-12:8,13-14)


Shaloooooom….

 Karena khotbah kali ini bertemakan “Menikmati Masa Muda Dalam Tuhan” (Pengkhotbah 11:9-12:8,13-14). Kita sebagai Pemuda Kristus juga harus bisa memanfaatkan masa muda kita dengan baik di dalam Tuhan. Gimana caranyaaaaa??

Ada tiga nasihat yang disampaikan oleh Salomo yang dituangkan dalam kitab Pengkhotbah:11:9-12:8,13-14.

Nasihatyangpertama:


1. NIKMATI MASA MUDA (Pkh 11:9a “Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu”)

Nasihat pertama ini memang pengertian banget, masa muda kita emang harus dinikmati, tapi ga boleh menyimpang dari firman Tuhan loh, karena menurut Pkh 11:9, setiap perbuatan yang kita lakuin akan dibawa ke pengadilan oleh Tuhan.


2. HATI-HATI (Pkh 11: 9b-10 “dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan! Buanglah kesedihan dari hatimu dan jauhkanlah penderitaan dari tubuhmu, karena kemudaan dan fajar hidup adalah kesia-siaan”)

Inilah nasihat yang kedua, lihat deh kata-kata yang digaris bawahi, diantara lain :
  • Keinginan hatimu = keinginan hati kita ini yang kadang suka bikin kita jatuh ke dalam dosa, kenapa? Karena kita mengikuti keinginan daging kita, dengan kata lain sesuka-suka kita. Itu ga baik loh wahai pemuda, Tuhan Yesus mengajarkan kita bahwa kita harus hidup seturut dengan kehendaknya.

  • Pandangan matamu = biar lebih jelas lagi, yuuk kita baca injil Matius 5:29 “Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka” maksudnya dicungkil adalah mengorbankan keinginan kita untuk melihat hal-hal yang bisa membawa kita jatuh ke dalam dosa. Engga boleh ngeliat, engga boleh baca, engga boleh nonton hal-hal yang kita sadari untuk berbuat dosa.

  • Buanglah kesedihan = Jadi anak muda jangan galau terus yaaa, kita harus tetap bersukacita bersukaria dalam Tuhan, jangan khawatir, walaupun kadang kita mengalami hal-hal yang sulit dalam kehidupan muda kita, kita yakini bahwa Tuhan Yesus selalu menyertai kita, Ia selalu menyediakan penghiburan yang kekal bagi kita.

  • Jauhkanlah penderitaan = Jauhilah dosa dan taatilah perintah-perintah Tuhan, karena masa muda kita itu sangat berharga, dengan kata lain masa muda kita itu sekali seumur hidup.



3. INGAT (Pkh 12:1a “Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu…” dan ayatnya yang ke 13 “Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang”)

Nasihat yang terakhir itu ada di dalam ayat pengkhotbah 12:1a, 13.

Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, takutlah akan Allah, berpeganglah pada perintah-perintah-Nya.

Udah tau kan kunci dari nasihat yang ketiga ini, sesudah kita simak, selanjutnya kita ingat.

  Teman Pemuda, selagi kita masih muda yuuuk kita manfaatin masa muda kita dengan baik, caranya udah taukan?? Kan udah ada 3 (tiga) nasihat di atas yang bisa kita terapkan di dalam kehidupan kita. Selamat bertumbuh dalam iman yaa teman-teman..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar